top of page

Pengolahan Jelantah Menjadi Biodiesel Skala Besar

Pada post kali ini, kami mencoba menjelaskan tentang pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel skala besar yang dilakukan oleh salah satu perusahaan biodiesel di Belanda bernama Argent Energy. Argent Energy adalah sebuah perusahaan yang mengolah jelantah menjadi biodiesel yang berlokasi di Amsterdam, Belanda. Kapasitas produksi yang dihasilkan mencapai 125,000,000 liter biodiesel per tahun! Bisa dibayangkan berarti sekitar 130,000,000 liter minyak jelantah dibutuhkan untuk memproduksi biodiesel sebanyak itu.

biodiesel indonesia

Hal yang lebih keren lagi adalah ratusan juta liter minyak jelantah tersebut berasal dari lintas benua, termasuk Asia, dimana Indonesia termasuk di dalamnya. Ada beberapa perusahaan pengumpul minyak jelantah di Indonesia yang akan mengirim minyak jelantah tersebut ke Eropa, untuk selanjutnya diolah menjadi biodiesel disana. Harga biodiesel di Eropa yang sangat menarik, yaitu sekitar 1.4 Euro/liter (Rp 22,000/Liter) menjadikan banyak minyak jelantah yang dikirim kesana. Bandingkan dengan harga biosolar di Indonesia yang hanya RP 5,150/Liter.

biodiesel belijelantah

Produk biodiesel yang dihasilkan sudah memenuhi standard kualitas eropa EN 14214, mengurangi 91.7% emisi CO2 dibandingkan solar biasa, dan dapat digunakan di semua mesin diesel termasuk kendaraan truk, mesin genset, alat berat, dan boiler.

Archive
Search By Tags
bottom of page